Pages

Selasa, 12 April 2011

OBAT HERBAL DARURAT SAAT BANJIR

Banjir yang biasa terjadi di Indonesia terutama saat musim penghujan. Karena berbagai hal seringkali bantuan tidak kunjung tiba, terutama kebutuhan obat-obatan. Namun sebenarnya ada obat di sekitar kita yang terkena bencana banjir. Berikut ini ada beberapa jenis tumbuhan obat dari yang bisa digunakan mengatasi penyakit-penyakit yang diakibatkan oleh banjir.
1.Sambiloto (Andrographis paniculata)
Efek dan khasiat: sebagai antiradang, antibakteri, penawar racun, menurunkan panas, menghilangkan sakit, merangsang phagocytosis. Berkhasiat mengatasi diare, influenza, tihus, demam, batuk, dan lain-lain.
2. Daun jambu biji (Psidium guajava)
Efek: sebagai astringen/pengelat (mengerutkan selaput lendir usus sehingga dapat mengurangi pengeluaran cairan), antidiare, antiradang, antivirus.
3. Buah jambu biji merah (Psidium guajava)
Efek: mengandung likopena dan vitamin C tinggi sehingga mempunyai efek sebagai antioksidan dan mempercepat penyembuhan dan lain-lain.
4. Temulawak (Curcuma xanthorrhiza)
Efek dan khasiat: sebagai antiradang, antibakteri, tonikum. Berkhasiat mengatasi diare, disentri, gangguan pencernaan, demam, flu, dan lain-lain.
5. Kunyit (Curcuma longa)
Efek dan khasiat: sebagai antiradang, antibakteri, astringen/pengelat, berkhasiat mengatasi diare, disentri, radang usus, influenza/flu, dan lain-lain.
6. Jahe (Zingiber officinale)
Efek dan khasiat: sebagai antiradang, berkhasiat mengatasi influenza, batuk, bronkitis, diare, disentri, gangguan pencernaan, dan lain-lain.
7. Patikan kebo (Euphorbia hirta)
Efek dan khasiat: sebagai antiradang, antidiare, disentri, berkhasiat mengatasi radang usus, typhus abdominalis, bronkitis, dan lain-lain.
8. Pegagan (Centella asiatica)
Efek: antiinfeksi, antitoksik (penawar racun), penurun panas, dan lain-lain.
9. Rumput lidah ular (Hedyotis diffusa)
Efek: antiradang, menghilangkan panas dan racun/toksin, mengaktifkan sirkulasi darah, dan lain-lain.
10. Krokot (Portulaca oleracea)
Efek: antitoksik (penawar racun), antiradang, menghilangkan panas, melancarkan sirkulasi, dan lain-lain.
11. Bawang putih (Allium cepa L.)
Efek dan khasiat: sebagai antibiotik, antiseptik, membersihkan racun, peluruh dahak, berkhasiat untuk influenza, batuk, bronkitis, diare, disentri, dan lain-lain.
12. Sirih (Piper betle L.)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar