Minggu, 10 Januari 2010

Jamu Puspo Untuk Kencing Manis

Bagi penderita diabetes melitus (DM) yang selama ini tergantung pada obat-obat kimia, bisa sedikit bernafas lega dengan ditemukannya obat alami yang dapat menstabilkan kadar gula dalam darah hingga batas normal. Bahkan obat herbal bermerek dagang “Pro-DeeM” buatan PT Jamu Puspo Internusa itu lebih efektif dibanding obat berbahan kimia gilbenklamid yang selama ini digunakan dalam pengobatan DM.
Uji pre-klinis yang dilakukan Pusat Studi-Obat Bahan Alam (PS-OBA) Departemen Farmasi Universitas Indonesia (UI) dalam satu tahun terakhir ini membuktikan secara ilmiah khasiat obat herbal Pro-DeeM — yang disajikan dalam bentuk teh celup –dalam menurunkan kadar gula darah akibat DM, sekaligus menguji keamanannya (efek samping) untuk penggunaan jangka pendek maupun jangka panjang.
Seperti dikemukakan Kepala PS-OBA Departemen Farmasi UI, Prof Dr Sumali Wiryowidagdo saat penyerahan sertifikat hasil uji pre-klinis “Pro-DeeM” kepada Direktur PT Jamu Puspo Internusa, Andre Utomo, di kampus UI Depok, Rabu (24/8) bahwa teh celup Pro-DeeM dengan dosis yang setara dengan 2 kantong teh celup mampu menurunkan kadar glukosa darah lebih baik dibandingkan dengan pemberian obat glibenklamid. “Bahkan, satu minggu setelah pemberian Pro-DeeM dihentikan, kadar glukosa darah masih dalam rentang normal,” kata Prof Sumali. Ditambahkan, hasil dari uji pre-klinis tersebut menunjukkan pada toleransi glukosa oral, teh celup Pro-DeeM dengan dosis 1 kantong celup sehari mampu menurunkan kadar glukosa darah sebesar 29,02 persen lebih tinggi dibandingkan glibenklamid 23,20 persen pada pemeriksaan 1 jam setelah pemberian glukosa. Pada dosis yang setara dengan 2 kantong celup sehari, Pro-DeeM mampu menurunkan kadar glukosa paling baik, yaitu 36,25 persen.
Pada tes anti-diabetes selama rentang waktu 2 minggu pemberian Pro-DeeM di mana objek yang diteliti mengalami kerusakan pangkreas, kadar glukosa darah puasa turun ke rentang normal sebesar 94,85 persen. Sedangkan kadar glukosa darah 2 jam setelah makan turun sebesar 99,95 persen dibandingkan dengan pemberian glibenklamid yang penurunannya hanya sebesar 20,42 persen pada glukosa puasa dan 23,54 persen pada glukosa 2 jam setelah makan.
Sementara pada uji keamanan, hasil uji toksisitas akut maupun sub kronik menunjukkan bahwa Pro-DeeM tidak mempengaruhi organ hati, ginjal, jantung dan paru-paru serta tidak mempengaruhi jumlah sel darah, sel darah putih, jumlah trombosit dan kadar hemoglobin.
“Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Pro-DeeM aman dikonsumsi dalam jangka pendek maupun jangka panjang, tanpa menimbulkan efek samping serta tidak mempengaruhi fungsi organ-organ tubuh yang vital,” kata Prof Sumali. Obat herbal Pro-DeeM mengandung tanaman obat berkhasiat seperti Mengkudu, Pare, Gymnema Silvetre dan daun teh. Masing-masing tanaman obat itu saling bersinergi untuk menekan gula darah kembali normal.
Tentang khasiat tanaman obat yang ada dalam Pro-DeeM, Prof Sumali menjelaskan, buah mengkudu membantu memperbaiki sel beta pankreas yang rusak serta membantu memperbaiki reseptor insulin pada sel dengan adanya proxeronine.
Sedangkan Gymnema Sylvestre bekerja dengan cara meningkatkan sekresi insulin pada sel beta pankreas, selain juga bekerja dengan mencegah penyerapan glukosa pada usus. Zat yang berperan adalah asam Gymnemic.
Tanaman pare yang terdapat dalam Pro-DeeM bekerja dengan cara merangsang sel beta pankreas untuk mensekresi insulin dan memiliki sifat yang menyerupai insulin. Zat yang berperan adalan Charatin dan poypeptide-P Insulin. Sedangkan daun teh mengatur kadar insulin dalam darah. Zat yang berperan yaitu Xantin dan Polifenol. Selain itu, kandungan Mangan (Mn) pada teh juga dapat menguraikan molekul glukosa menjadi sumber energi.
“Pro-DeeM ini sudah masuk kategori herbal terstandar yang kualitasnya diatas jamu,” kata Prof Sumali.
Ditambahkan, seseorang yang usianya sudah memasuki usia kepala memang harus hati-hati dalam mengkonsumsi makanan dan minumannya. Terlebih bila gaya hidup semasa muda suka makanan berlemak dan manis yang mendorong terkena penyakit degeneratif, seperti DM, hipertensi hingga jantung. “Pro-DeeM ini baik dikonsumsi mereka yang sudah berusia 40 tahun keatas untuk menjaga kadar gulanya tetap stabil, meski belum terindikasi penyakit diabetes. Namun, jangan konsumsi Pro-DeeM berlebihan, cukup 1 kantong setiap hari,” katanya.
Soal harga, Direktur PT Jamu Puspo, Andre Utoro mengatakan, pihaknya berupaya agar Pro-DeeM terjangkau masyarakat bawah karena penyakit diabetes banyak pula menyerang masyarakat tak mampu. Ia menyebut harga Rp 30-35.000 per kardus kecil dengan isi 12 kantong celup.
Pengalaman menggunakan Pro-DeeM dituturkan HM Marino Atmo Sutarmo, warga Jakarta yang menderita DM setelah 10 tahun. Ia menggunakan Pro-Deem dengan kombinasi obat-obat dari dokter. Marino mengaku terkejut dengan hasil yang diperoleh selama mengkonsumi Pro-DeeM.
“Dalam waktu 12 hari saja, gula darah saya kembali normal menjadi 158 mg/dl (PP) dan 98 mg/dl (puasa) dari sebelumnya 588 mg/dl (pp) dan 268 mg/dl (puasa),” katanya.
H Marino mengaku keluhan yang selama ini dirasakan seperti kesemutan pada kedua tangannya, sering buang air kecil, badan lemas, gangguan penglihatan, dan keluhan jantung tidak pernah dialaminya lagi setelah mengkonsumsi Pro-DeeM secara teratur. “Produk ini sungguh luar biasa,” kata H Marino sambil mengancungkan jempol sebagai tanda puas.
Jamu Puspo Internusa bukanlah pemain baru dalam industri berbasis herbal atau tanaman obat, karena telah berdiri sejak 40 tahun lalu. Bahkan saat ini, Jamu Puspo telah memiliki perkebunan seluas 40 hektar dan fasilitas pabrik ekstraksi herbal serta pabrik farmasi di Majalengka.
Hingga saat ini Jamu Puspo telah memproduksi beberapa produk yang sebelumnya telah dikenal masyarakat, diantaranya, Pacekap, PaceTea. Jamu Puspo juga telah melakukan ekspor perdana ke Timur Tengah dan akan menyusul segera ke Malaysia, Filipina, Korea, Jepang dan negara-negara Afrika. (Tri Wahyuni)
Sumber: Suara Karya Online – Minggu, 28 Agustus 2005

0 komentar:

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | coupon codes