Senin, 11 Juni 2012

KHASIAT DAN MANFAAT COCOR BEBEK UNTUK BISUL, LUKA, MULAS, DEMAM, RADANG TELINGA, ALERGI dll

Tanaman sosor bebek dapat dengan mudah dijumpai di sekitar kita. biasanya ditanam sebagai tanaman hias di dalam pot. Tanaman ini cukup unik karena dari pinggiran daunnya yang berlekuk-lekuk ini tumbuh pula anakannya yang sudah mempunyai akar.  Dalam waktu singkat tanaman ini mampu memperbanyak dirinya sendiri.  Cocor bebek, yang dalam bahasa ilmiah atau Latin disebut Kalanchoe pinnata, merupakan tanaman dari Kepulauan Madagaskar.
Sosor bebek sudah dikenal sebagai salah satu bagian dari tanaman obat, terutama untuk obat yang digunakan sebagai obat luar atau topikal. 
Daun cocor bebek juga mengandung asam malat, damar, zat lendir, magnesium malat, kalsium oksalat, asam formiat, dan tanin. Cocor bebek digunakan sebagai obat tradisional untuk menghilangkan sakit kepala, batuk, sakit dada, borok, dan penyakit kulit lain, demam, memperlancar haid yang tak teratur, obat luka, serta bisul.
  
Untuk Obat Luar penyakit yang dapat diobati dengan daun sosor bebek antara lain :
1. Luka
Daun sosor bebek secukupnya diparut atau ditumbuk. Tambahkan sedikit air dan balurkan pada bagian tubuh yang mengalami luka. Ganti setiap tiga jam sekali.

2. Perut mulas
Beberapa helai daun dadap serep ditumbuk dengan beberapa lembar daun sosor bebek. Beri sedikit air. Kemudian balurkan ramuan tersebut pada perut.

3. Menurunkan demam
Lumatkan daun sosor bebek, lalu balurkan pada dahi. Gunakan dua kali sehari.

4. Bisul atau memar
Hancurkan 30-60 gram daun sosor bebek kemudian peras. Tambahkan madu dan diminum. Sisa daun ditempelkan pada bagian yang sakit.

5. Radang telinga luar
Lumatkan 5-10 daun sosor bebek, peras. Airnya digunakan sebagai obat tetes telinga.
Radang amandel
Lumatkan 5-10 daun sosor bebek. Ambil airnya dan gunakan sebagai obat kumur.

0 komentar:

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | coupon codes