Minggu, 06 Januari 2013

Khasiat Sayur Pakis Untuk Osteoporosis dan Infeksi

Masyarakat kita telah lama menggunakan tanaman pakis atau paku sebagai bahan sayuran. Tanaman pakis atau paku yang dapat diolah menjadi sayuran adalah: daun dan batang yang masih muda, batang yang gemuk, dan batang yang mudah dipatahkan.

Dalam pengolahannya, daun pakis biasanya diolah menjadi sayur bobor, gulai, orak-arik, tumis dan lalap. Lalap pakis dibuat dengan cara merebusnya terlebih dahulu. Tidak dianjurkan mengonsumsi daun pakis mentah sebagai lalapan karena mengandung asam sikimat yang dapat mengganggu saluran pencernaan.

Dari sekian banyak jenis pakis yang sering dikonsumsi adalah pakis sayur (Diplazium esculentum) yang sudah biasa dikonsumsi masyarakat di kawasan asia tenggara, termasuk Indonesia. Pakis  tidak dibudidayakan, tetapi tumbuh liar di tepi sungai, tebing yang lembab, dan di dalam hutan atau pegunungan.
Warna daun pakis umumnya hijau tua. ini memang menunjukkan tingginya kadar klorofil (zat hijau daun) pada daunnya yang baik untuk membantu regenerasi sel dalam tubuh kita. begitu juga kandungan betakaroten yang cukup tinggi dapat membantu sistem imunitas tubuh, khususnya terhadap timbulnya infeksi.


Kandungan vitamin C daun pakis cukup tinggi, yaitu 30 miligram per 100 gram. vitaminC yang tinggi berkaitan dengan pembentukan kolagen yang menyokong pondasi jaringan ikat, seperti tulang rawan, membran kapiler, dan penyembuhan luka. 
Kandungan kalsiumnya mencapai 42 miligram, serta fosfornya 172 miligramnya dalam setiap 100 gram daun pakis. jadi asupan kedua zat ini bisa mengurangi resiko rematik dan rapuhnya tulang.
Daun pakis juga diperkaya flavonoid dan polifenol yang punya khasiat sebagai antioksidan dan antibakteri.




2 komentar:

steve mengatakan...

wah ternyata enak juga ya pakis dimakan, kalo tanaman pakis untuk hiasan bisa beli di www.kebunbibit.com

Unknown mengatakan...

Tapi katanya bisa menyebabkan sakit pinggang...???
Mhon pncerahannya...!!!

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | coupon codes