Jumat, 19 April 2013

KHASIAT AKAR KARET KEBO UNTUK BISUL, REMATIK DAN MAAG


Karet Kebo adalah jenis Ficus (keluarga beringin) yang daunnya besar, Nama ilmiahnya adalah Ficus elastica.  Karena perawakannya besar dan daunnya juga besar makatanaman ini disebut kebo (kerbau).  Tanaman ini menghasilkan lateks sehingga juga disebut karet padahal bukan keluarga tanaman karet yang asli.   Tanaman ini biasa ditanam di halaman kantor yang luas.
Deskripsi :

Tumbuhan berbentuk pohon besar, tinggi bisa mencapai 20 - 30 m.  Batang berkayu, silindris, warna coklat tua, permukaan halus, percabangan meyebar tak beraturan hingga membentuk pohon yang rindang, keluar akar-akar menggantung dari batang atau cabang yang sudah besar Daun tunggal, bertangkai, tersusun berseling (alternate), bentuk lonjong(elliptica), ujung dan pangkal meruncing (acuminatus), tepi rata, permukaan mengkilat (nitidus), pada pohon yang masih muda panjang daun +/- 35 cm, lebar +/- 15 cm, setelah pohon menjadi dewasa rata-rata panjang daun menjadi lebih kecil dengan panjang +/- 10-15 cm dan lebar +/- 5-7 cm, daun muda berwarna merah hati setelah dewasa menjadi hijau tua, kuncup daun muda tertutup dengan selaput bumbung (ocrea) berbentuk kerucut tajam berwarna merah muda Bunga muncul di ketiak daun, berwarna merah kusam, penyerbukan sangat tergantung pada satu jenis kumbang Buah bulat telur, panjang +/- 1 cm, berwarna kuning kehijauan Perbanyaan Generatif (biji) dan vegetatif (pemisahan anakan)

Untuk pengobatan, bagian yang dimanfaatkan adalah bagian akar karet kebo.  Berikut ini contoh penggunaan karet kebo untuk obat herbal alami.

1. Bisul
Cuci akar secukupnya sampai bersih, lalu giling halus. Tambahkan sedikit air dan aduk hingga menjadi bubur, lalu bubuhkan di tempat yang sakit.

2. Berhenti haid pada usia subur (amenorrhoea sekunder)
Cuci bersih 40 g akar karet kebo, lalu rebus dengan 2 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Minum air rebusan dua kali sehari masing-masing 1 gelas.

3. Maag
Cuci bersih 35 g akar karet kebo, lalu rebus dengan 2 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Minum air rebusan dua kali sehari masing-masing 1 gelas.

4. Rematik sendi
Cud bersih 30—50 g akar karet kebo, lalu rebus dengan 2 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Minum air rebusan dua kali sehari masing-masing 1 gelas.

2 komentar:

ijoasri mengatakan...

Trimakasih informasinya, artikel yang sangat menarik
Indoor Plant Rental Service

ijoasri mengatakan...

Tanaman karet kebo ternyata berkhasiat obat
tanaman indoor berdaun lebar ficus

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | coupon codes