Senin, 12 Mei 2014

KHASIAT DAN MANFAAT KETUMBAR UNTUK ATASI BAU MULUT, MASUK ANGIN, TENGGOROKAN GATAL, WASIR, DAN KEMBUNG

Ketumbar atau nama ilmiahnya Coriandrum sativum , tentunya bukanlah hal yang asing bagi kita.  Bumbu masak adri golongan rempah-rempah ini pasti tersedia di dapur, karena banyak masakan kita menggunakan ketumbar sebagai salah satu bahannya. Karena ketumbar ini mudah didapatkan sebaiknya anda mengetahui khasiat dan manfaat obat dari ketumbar ini sebagai obat alternatif untuk sakit anda. 

Ketumbar biasanya digunakan pelancar pencernaan, peluruh kentut (carminative), peluruh ASI (lactago), dan penambah nafsu makan (stomachica). bagian yang bisa digunakan dari ketumbar adalah dari daun, biji, dan buah. Dari semua bagian itu terdapat kandungan berupa sabinene, myrcene, a-terpinene, ocimene, linalool, geraniol, dekanal, desilaldehida, trantridecen, asam petroselinat, asam oktadasenat, d-mannite, skopoletin, p-simena, kamfena, dan felandren.
Berdasarkan penelitian para ahli di bidang farmasi, ternyata di dalam biji ketumbar terdapat zat phyto estrogen yang berfungsi untuk meningkatkan gairah percintaan, dan sudah digunakan sejak lama oleh bangsa arab dan yunani.   Berikut ini beberapa manfaat dan khasiat dari ketumbar sebagai obat . 

1. Bau MulutCara : ambil beberapa butir ketumbar yang sudah di sangrai, kemudian langsung dimakan, hal ini dapat membantu menghilangkan bau pada mulut.

2. Masuk Angin
Caranya : Seduh 3 g bubuk ketumbar dengan 1/2 gelas air panas, lalu tambahkan 1 sendok makan madu dan minum selagi hangat. Minuam hingga sembuh.

3. Tenggorokan Gatal
Cara : Seduh beberapa helai daun ketumbar dengan air panas, kemudian minum selagi hangat.

4. Wasir
Cara : Sangrai biji ketumbar , kemudian di tumbuk halus.  Ambil Bubuk Ketumbar sangrai tadi sekitar 1/2 sendok teh dan seduh dengan air panas. Kemudian minum selagi hangat.

5. Perut Kembung
Caranya : Giling beberapa biji ketumbar, daun katuk, bawang merah dan buah pinang. Kemudian tempelkan pada perut yang kembung. 

0 komentar:

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | coupon codes