Kamis, 28 Agustus 2014

KHASIAT DAN MANFAAT BIDARA (Ziziphus jujuba) Untuk Penyubur Rambut, Sakit Perut, Demam, Cacingan, Nyeri Kencing

Yang disebut dengan tanaman Bidara adalah tanaman berbentuk perdu berduri yang biasa tumbuh di daerah kering.   Tanaman Bidara ini punya nama ilmiah Ziziphus mauritania sininomnya adalah Ziziphus jujuba.  Di Indonesia nama lokalnya ada beberapa macam seperti widara (Sunda, Jawa); bukol (Madura); bekul (Bali); ko (Sawu); kok (Rote); kom, kon (Timor); bedara (Alor); bidara (Makassar., Bugis.); rangga (Bima); serta kalangga (Sumba), dalam bahasa arab disebut Sidr, dan dalam bahasa inggris disebut Jujube.  Bidara diperkirakan berasal dari daerah Asia tengah kemudian menyebar samapi ke Indonesia. 


Buah Bidara
Tanaman bidara ini termasuk tanaman istimewa karena disebutkan beberapa kali dalam kitab Qur'an. 
Buah bidara dapat dimakan dan telah ada varietas unggulnya untuk buah bidara yang dijual sebagai buah segar. Buah bidara merupakan sumber karoten, vitamin A dan C, dan lemak.  Buah Bidara punya rasa seperti campuran kurma dan apel dan memiliki nilai energi yang sangat tinggi. Buah dapat dimakan mentah atau dikeringkan dan buah bidara memiliki rasa sedikit asam menyegarkan, sedikit menyerupai apel kering. Biji bidara kaya protein, kalsium, zat besi dan magnesium. Makanan dari tanaman ini merupakan sumber energi, protein dan mineral yang sangat penting.Sifat Tonik dari buah bidara dapat meningkatkan nafsu makan, dan dapat digunakan juga sebagai pencahar dan telah digunakan sebagai obat cacingan (vermifuge).
Buah rasa seperti campuran kurma dan apel dan sangat dihargai oleh suku Badui karena memiliki nilai energi yang sangat tinggi. Buah dapat dimakan mentah atau dikeringkan dan buah bidara memiliki rasa sedikit asam menyegarkan, sedikit menyerupai apel kering. Biji bidara kaya protein, kalsium, zat besi dan magnesium. Makanan dari tanaman ini merupakan sumber energi, protein dan mineral yang sangat penting.Sifat Tonik dari buah bidara dapat meningkatkan nafsu makan, dan dapat digunakan juga sebagai pencahar dan telah digunakan sebagai obat cacingan (vermifuge). Buah bidara juga menyegarkan dan mengembalikan, serta meningkatkan kecerdasan otak dan merupakan obat untuk tekanan darah tinggi. - See more at: http://bidara-sidr.blogspot.com/2013/02/kandungan-kimia-daun-bidara.html#sthash.pQ0o3cVT.dpuf

Daun Bidara
Daun bidara muda dapat dijadikan sayuran. Rebusan daunnya diminum sebagai jamu. Daun-daun ini membusa seperti sabun apabila diremas dengan air, dan digunakan untuk memandikan orang yang sakit demam.    Di kalangan orang Betawi daun bidara biasa digunakan untuk memandikan jenazah. Daun Bidara juga kerap digunakan untuk mengobati orang sakit karena pengaruh gaib atau makhluk halus. Bubuk daun bidara dapat menghitamkan dan memanjangkan rambut wanita.


Kulit Kayu Bidara
Kulit kayu, dan akar Bidara juga berkhasiat obat, untuk membantu pencernaan dan sebagai tapal obat luka. Di Jawa, kulit kayu ini digunakan untuk mengatasi gangguan pencernaan; dan di Malaysia, kulit kayu yang dihaluskan dipakai sebagai obat sakit perut. Kulit kayu bidara diyakini memiliki khasiat sebagai tonikum, meski tidak terlalu kuat, dan dianjurkan untuk penyakit lambung dan usus. Kulit akarnya, dicampur dengan sedikit pucuk, pulasari, dan bawang putih, diminum untuk mengatasi kencing yang nyeri dan berdarah.  

Untuk perawatan Kulit :
Ambil beberapa daun bidara lalu ditumbuk halus lalu masukan kedalam cangkir atau mangkuk, lalu tambahkan sedikit air sehingga campuran agak sedikit kental dan kemudian oleskan pada kulit wajah sebagai masker, dan biarkan beberapa saat hingga mengering seluruhnya.   Kemudian cuci dengan air bersih saja, tanpa perlu menggunakan sabun. Anda akan langsung melihat perbedaan dalam kehalusan kulit. Untuk memberikan hasil yang signifikan sehingga terlihat perbedaan yang sangat besar pada kulit, Anda harus melakukan hal tersebut selama 2 bulan.  Saat ini sudah banyak dijual serbuk daun bidara dan anda tinggal pakai saja.
Ambil beberapa daun bidara ( sidr ) lalu ditumbuk halus lalu masukan kedalam cangkir atau mangkuk, lalu tambahkan sedikit air sehingga campuran agak sedikit kental dan kemudian oleskan pada kulit wajah sebagai masker, dan biarkan beberapa saat hingga mengering seluruhnya.
lalu cuci dengan air bersih saja, tanpa perlu menggunakan sabun, Anda akan langsung melihat perbedaan dalam kehalusan kulit .....
Daun pohon bidara ( sidr ) juga dapat digunakan untuk peremajaan kulit tubuh.
Untuk memberikan hasil yang signifikan sehingga terlihat perbedaan yang sangat besar pada kulit, Anda harus melakukan hal tersebut selama 2 bulan. - See more at: http://bidara-sidr.blogspot.com/2012/07/manfaat-daun-bidara-untuk-perawatan.html#sthash.q5jO49As.dpuf

0 komentar:

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | coupon codes