Senin, 29 September 2014

MANFAAT KONSUMSI DAN CARA MEMBUAT JUS KULIT MANGGIS

Buah Manggis apalagi kulit buahnya sudah lama dikenal memiliki khasiat obat yang mujarab.   Ada berbagai macam cara untuk mendapatkan manfaat dan khasiat dari kulit buah manggis ini, salah satunya adalah dibuat jus yang memudahkan kita untuk meminumnya.  Cara membuat Jus buah manggis ini bisa dikatakan mudah, tinggal siapkan belnder dan kulit buah manggisnya saja. Namun demikian anda perlu mengerti ilmunya supaya rasa jusnya enak dan tidak pahit. 
Kandungan anti oksidan yang bernama Xanthone,dikenal mampu menghambat pertumbuhan sel kanker dan mampu melindumgi sel dari serangan radikal bebas penyebab berbagai gangguan penyakit,sehingga kulit buah manggis dicari oleh kalangan farmasi untuk diekstrak dan dijadikan bahan baku obat herbal untuk berbagai macam penyakit seperti kanker,darah tinggi,diabetes,prostat, penyakit paru-paru, ginjal dan lain-lain.

Cara Mengolah Kulit Manggis Menjadi Jus adalah sebagai berikut :
1. Pertama tentu saja siapkan buah manggis segar, kemudian kerok dengan sendok bagian dalam kulit manggis yang berwarna merah, jangan sampai kena getah dan kulit luarnya supaya rasa jus nantinya tidak pahit.  Buang kulit bagian luar.
2.  Bagian  yang sudah dikerok tadi sebaiknya disimpan di dalam kulkas bila belum dipakai langsung.
3.  Jika mau diguanakan, campur dengan air dan masukkan ke mesin blender.
4. Setelah diblender, endapkan jus kulit manggis tadi selama 24 jam. Kemudian saring untuk memisahkan ampas dengan ekstrak xanthone kulit manggis.
 5. Untuk konsumsi bisa dicampur dengan madu atau jus alpukat supaya lebih nikmat.

Jus kulit manggis buatan sendiri tadi aman dikonsumsi baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang, karena kulit manggis tidak mengandung racun.  Namun ada beberapa efek yang langsung terasa seperti rasa perut kembung pada pasien sakit maag, dan pada penderia gengguan ginjal malah bisa memperberat kerja ginjal, sehingga disarankan minum air putih yang banyak bagi penderita ginjal. 

0 komentar:

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | coupon codes