Selasa, 12 April 2011

OBAT HERBAL DARURAT SAAT BANJIR

Banjir yang biasa terjadi di Indonesia terutama saat musim penghujan. Karena berbagai hal seringkali bantuan tidak kunjung tiba, terutama kebutuhan obat-obatan. Namun sebenarnya ada obat di sekitar kita yang terkena bencana banjir. Berikut ini ada beberapa jenis tumbuhan obat dari yang bisa digunakan mengatasi penyakit-penyakit yang diakibatkan oleh banjir.
1.Sambiloto (Andrographis paniculata)
Efek dan khasiat: sebagai antiradang, antibakteri, penawar racun, menurunkan panas, menghilangkan sakit, merangsang phagocytosis. Berkhasiat mengatasi diare, influenza, tihus, demam, batuk, dan lain-lain.
2. Daun jambu biji (Psidium guajava)
Efek: sebagai astringen/pengelat (mengerutkan selaput lendir usus sehingga dapat mengurangi pengeluaran cairan), antidiare, antiradang, antivirus.
3. Buah jambu biji merah (Psidium guajava)
Efek: mengandung likopena dan vitamin C tinggi sehingga mempunyai efek sebagai antioksidan dan mempercepat penyembuhan dan lain-lain.
4. Temulawak (Curcuma xanthorrhiza)
Efek dan khasiat: sebagai antiradang, antibakteri, tonikum. Berkhasiat mengatasi diare, disentri, gangguan pencernaan, demam, flu, dan lain-lain.
5. Kunyit (Curcuma longa)
Efek dan khasiat: sebagai antiradang, antibakteri, astringen/pengelat, berkhasiat mengatasi diare, disentri, radang usus, influenza/flu, dan lain-lain.
6. Jahe (Zingiber officinale)
Efek dan khasiat: sebagai antiradang, berkhasiat mengatasi influenza, batuk, bronkitis, diare, disentri, gangguan pencernaan, dan lain-lain.
7. Patikan kebo (Euphorbia hirta)
Efek dan khasiat: sebagai antiradang, antidiare, disentri, berkhasiat mengatasi radang usus, typhus abdominalis, bronkitis, dan lain-lain.
8. Pegagan (Centella asiatica)
Efek: antiinfeksi, antitoksik (penawar racun), penurun panas, dan lain-lain.
9. Rumput lidah ular (Hedyotis diffusa)
Efek: antiradang, menghilangkan panas dan racun/toksin, mengaktifkan sirkulasi darah, dan lain-lain.
10. Krokot (Portulaca oleracea)
Efek: antitoksik (penawar racun), antiradang, menghilangkan panas, melancarkan sirkulasi, dan lain-lain.
11. Bawang putih (Allium cepa L.)
Efek dan khasiat: sebagai antibiotik, antiseptik, membersihkan racun, peluruh dahak, berkhasiat untuk influenza, batuk, bronkitis, diare, disentri, dan lain-lain.
12. Sirih (Piper betle L.)

0 komentar:

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | coupon codes