Rabu, 11 September 2013

KHASIAT DAN MANFAAT OBAT DARI JARAK RICINUS COMMUNIS

Saat ini anda tentu kenal tanaman jarak pagar yang populer sebagai penghasil minyak untuk biodiesel. Namun Tanaman Jarak agak berbeda dengan Jarak Pagar, meski sama-sama disebut jarak tapi jarak berbeda genus dengan jarak pagar.   Jarak daunnya berbeda dengan daun jarak pagar, dimana daun jarak menjari dan tepi daunnya bergerigi.   Minyak dari biji Jarak ini disebut Castor oil. 


Tanaman Jarak atau Ricinus Communis, Linn merupakan tanaman yang alami tumbuh Indonesia . Getah jarak mempunyai sifat antimikrobial melawan bakteri Staphylococcus, Streptococcus dan E.coli. Getah jarak digunakan untuk menghentikan perdarahan pada luka (hemostasis) (Anonimus, 2010). Getah jarak atau Ricinus communis, Linn mengandung saponin, tannin, dan senyawa flavanoid. Senyawa ini berfungsi sebagai antiinflamasi, antiseptik, antimikroba dan lain-lain.
Jarak (Ricinus communis) biasa tumbuh liar di pinggiran hutan, tanah kosong, di daerah pantai, namun sering juga dikembangbiakkan dalam perkebunan. Tanaman ini tergolong tanaman perdu, memiliki daun tunggal menjari antara 7 – 9, berdiameter 10-40 cm. Tumbuhan ini merupakan spesies tanaman dari Euphorbiaceae dan tergolong ke dalam genus Ricinus, subtribe Ricininae.

Manfaat Kesehatan
1. Mengobati Sembelit
8 – 10 biji jarak ditumbuk, lalu diberi sedikit air dan peras. Minum air perasan ini sekaligus.
2. Mengobati Sembelit pada Anak
Olesi beberapa lembar daun jarak dengan minyak kelapa. Setelah dilayukan di atas api, letakkan daun tersebut ke perut anak Anda.
3. Mencegah dan Mengatasi Ketombe
Tumbuk halus beberapa lembar daun jarak, lalu oleskan ke kulit kepala. Lakukan ini sebelum keramas.
4. Mengobati Rematik
Daun jarak pagar juga bisa mengurangi derita rematik. Untuk itu, dibutuhkan 10 lembar daun jarak segar yang telah dicuci bersih dan ditumbuk halus dengan air secukupnya. Lumuri bagian tubuh yang terkena rematik dengan bubur daun jarak dua kali sehari. dan berbagai cara lain seperti:
Cara I : Segenggam daun jarak ditumbuk sambil diberi sedikit air. Lalu oleskan ke tempat yang sakit.
Cara II : 25 g akar jarak segar direbus dengan 1 l air sampai airnya tinggal setengah. Minum ramuan ini 2x sehari
Cara III : Beberapa helai daun jarak diolesi minyak kelapa, lalu dilayukan di atas api. Tempelkan daun ini ke tempat yang sakit.
5. Menyuburkan Rambut
20 – 30 biji jarak ditumbuk, lalu diperas untuk diambil minyaknya. Oleskan minyak itu ke kulit kepala.
6. Mengencangkan Payu dara
3 helai daun jarak, 2 buah pinang, 1 ibu jari jahe, 1 sendok teh garam ditumbuk sambil diberi ½ gelas air. Balurkan ramuan ini ke payudara Anda dan diamkan sampai kering. Setelah itu, cuci payu dara dengan air hangat.
7. Gusi Bengkak
5 lembar daun jarak, 1 sendok kapur sirih direbus dengan 4 gelas air. Setelah disaring, gunakan air tersebut untuk kumur.
8. Mengobati Sakit Gigi
Teteskan getah jarak pada gigi yang berlubang.


Namun selain mempunyai banyak manfaat, tanaman ini juga mengandung racun yang dapat membahayan tubuh manusia, Pada bagian biji, terkandung senyawa kursin dan toksalbumin, sedangkan di bagian daun ditemukan senyawa kaemfesterol, sitosterol, stigmasterol, amirin, dan tarakserol.  Biji Jarak juga mengandung ricine yg beracun tetapi kadar racunnya akan berkurang bila dipanaskan. Biji jarak sebaiknya hanya digunakan sebagai obat luar. Akarnya bs digunakan sbg obat penenang & rematik.
Dalam waktu singkat, gejala keracunan jarak pagar akan mulai terlihat pada orang yang mengonsumsinya. Tandanya, rasa mual, muntah, diare, sesak napas, pusing, dan berkeringat dingin.

0 komentar:

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | coupon codes