Sabtu, 21 September 2013

KHASIAT DAN MANFAAT SONGGOLANGIT / KETUMPANG UNTUK ASAM URAT, DIARE, HIPERTENSI

Tanaman Ketumpang atau Songgo langit yang nama ilmiahnya Tridax procumbens adalah sejenis gulma yang sering tumbuh di antara rerumputan di halaman rumah kita atau tumbuh liar di pinggri jalan, barangkali anda pernah lihat tapi belum kenal. Dalam Bahasa inggris disebut Tridax Daisy dan dalam bahasa jepang disebut Kotobukigiku.  Tanaman ini terbukti berkhasiat analgesik penghilang rasa sakit dan anti inflamasi anti radang.  Ciri tanaman ini adalah tanamn merambat, bunganya ukuran kecil dengan tangkai bunga panjang berbulu dan daun benbentuk seperti tombak bergerigi dan permukaan daun berbulu juga.

Daun Songgolangit bisa digunakan  untuk menyembuhkan diare, disentri, dan mencegah rambut rontok. Khasiat songgolangit yang terkenala adalah mampu menghilangkan rasa nyeri, kaku, dan pembengkakan di persendian karena rematik, menurunkan kadar asam urat, memperbaiki metabolisme fungsi hati dan ginjal, serta meningkatkan stamina tubuh. Ekstrak daunnya juga bisa menurunkan tekanan darah dan denyut jantung, mengobati hipertensi.  Selain itu punya efek microbial melawan bakteri Gram positif dan Gram negative dan bisa menstimulasi penyembuhan luka.

Keunggulan dari songgolangit adalah tidak beracun, aman bagi penderita gangguan hati dan ginjal, kaya mineral seperti kalium, magnesium, dan kalsium yang baik untuk tubuh.
Kandungan zat aktif dalam tanaman songgolangit yaitu: flavonoid tanin, saponin tanin, dan flavonoid saponin. Flavonoid tanin bersifat menyejukkan dan menghilangkan rasa nyeri rematik pada tulang dan pinggang. Saponin tanin berperan sebagai antiradang, antibiotik, peluruh kencing, pereda sakit, dan penurun asam urat, dan flavonoid saponin bersifat analgesik.
Beberapa macam penyakit yang dapat diobati dengan Songgolangit :
  1. Osteoartritis, yaitu penyakit degenaratif atau kehausan pada sendi, terutama pada sendi yang menopang berat badan
  2. Artritis Rematoid, yakni penyakit degenaratif yang biasa menyerang pada sendi tulang seperti : tulang sendi pada lutut, tangan, pinggang, bahu dan tulang sendi lainnya.
  3. Artritis Gout, yakni persendian yang sering dirasakan pada bagian ibu jari, telapak kaki, pergelangan kaki, lutut, siku dan pergelangan tangan
  4. Ginjal
  5. Asam urat
  6. Rematik atau persendian
  7. Hipertensi
  8. Diare dan desentri
Contoh pemakaian Songgolangit untuk pengobatan.
1. Obat Diare dan Disentri
bahan :
 ± 8 gram batang dan daun herba segar Songgolangit (Tridax procumbens) dicuci sampai bersih.
Setelah itu direbus dengan 2 gelas air selama 15 menit.
Setelah air rebusan dingin lalu disaring. Hasil saringan diminum dua kali sama banyak pagi dan sore.

Saat ini sudah banyak ekstrak songgolangit yang dijual baik berupa serbuk, kapsul atau dalam bentuk teh. Jadi anda tidak usah repot mencari di jalan.

0 komentar:

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | coupon codes