Jumat, 15 November 2013

KHASIAT DAN MANFAAT DAUN JOMBANG (DANDELION) UNTUK RADANG PAYU DARA, KANKER, RADANG KATUNG EMPEDU, HIPERTENSI, DIABETES dan KEPUTIHAN

Daun Jombang mungkin kurang anda kenal tapi kalau kota jombang iya kita tahu.  Siapa tahu memang ada hubungan antara kota Jombang dan daun Jombang. Daun Jombang memiliki nama ilmiah Taraxacum officinale Weber et Wiggers dan di barat sering disebut Dandelion.   Tanaman berbunga kuning cantik ini biasanya tumbuh secara liar di sekitar kita, dan karena termasuk tanaman liar bahkan menjadi gulma, maka kita tidak pernah memperhatikannya. Biasanya tumbuh liar di liar di daerah berhawa sejuk.

Jika anda penyuka lalapan, maka anda bisa coba daun Jombang yang masih muda, bisa sebagai lalap atau dibuat salad yang berkhasiat tonik. Daun Jombang yang sudah tua dapat dikukus atau dimasak sebagai sayuran. Bunga Jombang dapat digunakan untuk memberi warna kuning alami pada makanan atau minuman dan juga pada serat kain.

CONTOH PEMAKAIAN DAUN JOMBANG

Radang dan abses payu dara
Cuci 60 g herba jombang segar sampai bersih, lalu potong-potong seperlunya. Rebus dalam 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Setelah dingin, saring dan minum sekaligus, lakukan 2 kali sehari, sampai sembuh. Untuk pemakaian luar, cuci tumbuhan segar secukupnya, lalu giling sampai halus. Bubuhkan pada payudara yang sakit.

Radang kandung empedu
Cuci 30 g herba jombang segar sampai bersih, lalu potong-potong seperlunya. Rebus dalam 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Setelah dingin, saring, minum sekaligus. Lakukan 2 kali sehari, sampai sembuh.

Kanker
Rebus 20-60 g herba jombang segar dalam 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Setelah dingin, saring dan air saringannya diminum sekaligus. Lakukan setiap hari.

Keputihan akibat infeksi, kanker rahim, atau radang panggul
Sediakan 30 g herba jombang segar (untuk kanker dan radang panggul sebanyak 60 g), lalu cuci sampai bersih. Selanjutnya, potong-potong dan rebus dalam 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Setelah dingin, saring dan air saringannya diminum sekaligus, sehari 2 kali, masing-masing 1/2 gelas. Selain direbus, herba pun dapat ditumbuk sampai halus. Selanjutnya, saring dan air saringannya diminum, sehari 2 kali, masing-masing 1/2 gelas.

Radang kandung empedu disertai hepatitis
Cuci 30-60 g herba jombang segar sampai bersih, lalu potong-potong seperlunya. Rebus dalam 3 gelas air sampai tersisa separonya. Setelah dingin, saring dan air saringannya dibagi untuk 3 kali minum, sehari 3 kali, masing-masing 1/2 gelas.

Kencing manis, tekanan darah tinggi
Cuci 30 g herba jombang segar, lalu potong-potong seperlunya. Rebus dalam 3 gelas air bersih sampai air rebusannya tersisa 1 gelas. Setelah dingin, saring dan air saringannya diminum, sehari 2 kali, masing-masing setengah gelas.

1 komentar:

Anonim mengatakan...

Bagaimana cara mendapatkan daun jombang ini? Saya butuh untuk pengobatan kanker.
Thanks

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | coupon codes