Senin, 25 November 2013

SANTAN KELAPA UNTUK OBAT KERACUNAN IKAN CAKALANG, TONGKOL dan IKAN KEMBUNG (KATOMBO)

Makan ikan memang menyehatkan, namun beberapa jenis ikan berpotensi menjadi racun jika kondisi  ikan sudah jelek seperti ikan tongkol (cakalang) dan ikan kembung (katombo).  Jika anda keracunan ikan maka badan anda akan terasa gatal semua, dan wajah bisa bengkak. 

Untuk mengatasi hal tersebut ada obat mujarab yang bisa anda gunakan yaitu santan kelapa dari perasan pertama. Mengapa santan kelapa bisa mengobati keracunan ikan laut?
Air kelapa dan santan kelapa dapat digunakan sebagai penawar racun ikan laut karena kandungan histamin ikan tongkol lebih tinggi daripada ikan kembung dan tongkol atau cakalang. Fakta di lapangan menunjukkan keracunan ikan tongkol lebih banyak ditemukan daripada keracunan ikan kembung.  Bakteri dan jamur patogen tidak tumbuh pada ikan yang dimasak dengan santan maupun yang direndam dengan air kelapa.    
Selain santan bisa juga digunakan air kelapa. Air kelapa dapat menetralkan racun dalam bahan makanan karena zat albumin dalam air kelapa dapat mematikan bakteri histidin sehingga tidak terbentuk histamin.  Kandungan histamin yang tinggi dapat bersifat racun. Air kelapa bisa digunakan untuk menetralkan racun-racun ikan laut (tongkol dan kembung). Kadar histamin yang tinggi pada ikan laut sering menimbulkan keracunan pada manusia.
Sebagai pencegahan pertama bila anda makan makanan yang bahan dasarnya dari ikan laut sebaiknya minta air kelapa untuk minuman segar atau kita juga perlu minum air kelapa setelah makan ikan laut, selain segar tapi juga alami dan bisa mencegah keracunan akibat ikan laut. 

0 komentar:

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | coupon codes