Sabtu, 11 Januari 2014

Khasiat dan Manfaat Tanaman Kemukus Untuk Asma, Pilek Bayi, Keputihan dll

Kemukus mungkin agak kurang kita kenal walaupun sering kita lihat. Tanaman Kemukus merupakan tanama merambat yang tergolong dalam suku piperaceae. Nama ilmiah dari Kemukus adalah Piper cubeba.

Jika dilihat sekilas mirip dengan tanaman cabe jawa.  Buah kemukus mirip sekali dengan lada tapi ada ekornya sehingga sering juga disebut dengan merica buntut.
Nama Lokal Kemukus ini di beberapa daerah hampir sama seperti di Sumatra: Kemukus, temukus (Melayu), kemekuh (Simalur), Rinu (Sunda), kemukus (Jawa), kamokos (Madura) dan Pamukusu (makassar).

Kandungan obat dari Kemukus adalah pada Buah dan bunga kemukus mengandung saponin dan flavonoida, disamping minyak atsiri.  Secara tradisional, Buah kemukus berkhasiat sebagai obat sesak nafas, penghangat badan dan penghilang bau mulut.

Khasiat dan Manfaat Obat Kemukus 
1. Sesak Nafas dan Asma
Bahan  : ± 15 gram serbuk biji kemukus, diseduh dengan 1 gelas air matang panas, setelah dingin disaring. Hasil saringan ditambah 1 sendok makan madu, diaduk sampai rata, kemudian diminum sekaligus.
Bahan : 2 sendok makan kemukus ditambah dengan 2 gelas air kemudian didihkan sampai volumenya 1 gelas. Selain itu dapat juga dicampur sama banyak dengan temulawak (ukuran 2 jari). Diminum hangat-hangat kalau merasa sesak napas dapat dicampur dengan gula batu atau gula 

2. Flu dan Pilek pada Bayi
Bahan : 10 biji kemukus dan sepotong kencur kira-kira sebesar ibu jari telunjuk. Lalu tumbuklah kedua bahan ini sampai halus, kemudian berilah sedikit air, dan aduk hingga merata. Cara pakai oleskan pada badan bayi.

3.  keputihan.
Bahan:  Biji kemukus 12 butir ditumbuk halus bersama 5 butir cengkeh, 2 rimpang kunci kuning,, 2 potong kayu kembang lawang dan 2 potong kayu mesoyi sepanjang 2,5 cm selebar 2 cm. Semuanya dicampur dengan keadaan kering dan ditumbuk, sampai halus. Jumlah yang diperoleh cukup untuk pemakaian 3 kali.
Sebelum dimakan, serbuk hasil tumbukan itu terlebih dahulu dicampur dengan air perasan daun tapak gajah 3 batang berikut akarnya, sari 2 buah jeruk nipis dan I gelas air. Semuanya diseduh dalam keadaan segar. Jamu mentah ini lebih berkhasiat daripada yang sudah direbus.Peradangan sampai keputihan itu akan cepat sembuh, kalau pende­ritanya betul-betul mau beristirahat di tempat tidur selam 2-3 hari

4. Kurang tenaga
Sediakan 5 biji kemukus, ½ jari rimpang jahe, 1 jari batang serai, 5 butir cengkeh, ½ butir buah pala, ½ jari kayu manis, 4 lembar daun jeruk purut, gula enau secukupnya. Semua bahan dipotong-potong dan drebus dengan 5 gelas air dan biarkan mendidih hingga tinggal airnya 3 gelas. Setelah disaring, airnya diminum selagi hangat. lakukan secara teratur 3 kali sehari.

5. Gangguan kesuburan pria
Daun kemumuks 10 gram, daun empedu tanah 10 gram, daun pegagan 10 gram, batang akar ali-ali 1 jari. Semua bahan direbus dengan 2 gelas air dan biarkan mendidih hingga tinggal 1 gelas. Setelah suam-suam kuku disaring dan diminum tiap pagi.

0 komentar:

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | coupon codes