Minggu, 09 Maret 2014

KHASIAT DAN MANFAAT KENIKIR UNTUK ANTIOKSIDAN, LEMAH JANTUNG, PENGUAT TULANG, CEGAH KANKER

Kalau orang bilang kenikir mungkin saja persepsi kita keliru dengan tanaman lain yang disebut tahi kotok.  Kenikir dan tahi kotok memang punya penampakan yang mirip terutama daunnya.  Kenikir punya nama ilmiah Cosmos caudatus yang masuk dalam famili Asteraceae.  Daun kenikir punya aroma yang khas, dan secara tradisional digunakan masyarakat kita sebagai sayuran terutama untuk masakan macam pecel, urap dan sejenis salad lainnya. Daun kenikir ini punya kandungan antioksidan yang istimewa, setidaknya ada empat senyawa kuersetin yang menimbulkan aktivitas antioksidan yang sangat kuat, bahkan lebih hebat dibandingkan dengan tokoferol atau vitamin E.   Adanya antioksidan ini bisa mencegah kanker, karena fungsi antioksidan adalah mencegah kerusakan sel pada tubuh kita. Daun kenikir juga bermanfaat untuk memperbaiki sirkulasi atau peredaran darah, pencegah penuaan dini, lemah jantung, penambah nafsu makan dan mencegah osteoporosis pada tulang karena kandungan kalsium yang tinggi. 
Agar manfaat kenikir bisa dirasakan secara nyata, caranya cukup mudah, anda bisa mengkonsumsi sebanyak satu genggam daun kenikir mentah atau dikukus sebagai asupan sayur setiap harinya.




Contoh pemanfaatan daun  Kenikir untuk obat
1. Kurang nafsu makan, penguat tulang, antioksidan, perbaiki peredaran darah
Bahan : 100 g daun kenikir segar;
Cara : cuci bersih, kemudian makan sebagai lalapan
 
2. Lemah jantung
bahan : 100 g daun kenikir segar, 
Cara I : cuci bersih, lalu makan sebagai lalap mentah atau kukus daun kenikir segar dan makan sebagai lalap setengah matang. 
Cara II :  rebus daun kenikir dengan 3 gelas air sampai tersisa 2 gelas. Minum air hasil rebusannya.

3. Pengusir serangga
Kenikir menjadi pestisida alami untuk tanaman pertanian. caranya cukup dengan menanam kenikir di antara tanaman buah atau kebun anda.

0 komentar:

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | coupon codes