Sabtu, 15 Maret 2014

KHASIAT DAN MANFAAT RACUNAN/KASTUBA UNTUK PELANCAR ASI, LUKA MEMAR, RADANG KULIT

Tanaman Racunan alias Kastuba secara fisik punya nilai keindahan tersendiri, dimana pada ujung daunnya berwarna merah menyala nan cantik, tidak aneh jika nama ilmiahnya adalah Euphorbia pulcherrima, pulcherrima sendiri artinya cantik.  Racunan sangat umum ditanam sebagai tanaman hias di pekarangan rumah.  Konon asal tanaman ini dari benua amerika tepatnya di daerah meksiko.


Khasiat
Seluruh bagian tumbuhan, daun, bunga, getah, akar Racunan, dapat digunakan sebagai obat disentri, paru-paru, infeksi kulit, patah tulang, bengkak karena terpukul, luka luar, melancarkan haid dan melancarkan ASI,

CARA PEMAKAIAN Untuk obat yang diminum, gunakan 10-15 g bahan yang direbus. Untuk pemakaian luar, giling daun segar secukupnya sampai halus, lalu turapkan kebagian yang sakit, seperti radang kulit, erisipelas, luka berdarah, bengkak karena terbentur (memar), dan bengkak karena tulang patah.

1. Sakit Kulit, Luka, memar
untuk pemakaian luka luar seperti radang kulit, erisipelas, luka berdarah, bengkak(memar), daun kastuba secukupnya lalu giling sampai halus, terapkan pada bagian yang sakit lalu balut, ganti2-3 kali sehari.
2. Pelancar ASI
Untuk melancarkan Asi, cuci bunga kastuba segar sebanyak 10 g, lalu rebus dengan 2 gelas air sampai tersisa 1 gelas, saring lalu minum sehari 2 kali, masing-masing setengah gelas.

Tanaman Racunan sesuai namanya, adalah beracun, getahnya sangat iritatif, jika mengenai kulit sering menimbulkan lepuh kecil(vesikel). Jika digunakan sebagai obat untuk diminum, menyebabkan muntah dan diare, jangan melebihi dosis yang dianjurkan.

0 komentar:

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | coupon codes