Jumat, 12 Februari 2016

KERINGAT HARUM ALAMI DENGAN KONSUMSI 8 TANAMAN HERBAL INI

Masalah bau badan memang dapat mengurangi tingkat kepercayaan diri dan malah bisa membuat tidak nyaman kalau baju kita bau oleh keringat yang tidak sedap. Apalagi jika kita lupa memakai deodoran, minyak wangi atau pengharum badan lainnya karena terburu-buru, siangnya badan jadi keringat dan menempel pada baju dan akhirnya bau tidak sedap muncul yang akan membuat kita merasa stress saat kerja.
Ada beberapa jenis makanan yang sudah menjadi resep nenek moyang kita untuk mengatasi bau badan, dan malahan akan membuat keringat kita jadi wangi, asal dikonsumsi secara teratur. berikut ini beberapa jenis tanaman yang bisa dikonsumsi untuk membuat keringat jadi wangi.

1. Buah Kepel (burahol)
Buah kepel atau nama ilmiahnya Stelechocarpus burahol sejak jaman dahulu sudah dikonsumsi oleh putri-putri keraton terutama di Jawa untuk menghasilkan keringat yang wangi secara alami tanpa harus mamakai parfum atau minyak wangi.  Manfaat buah Kepel yang umum adalah sebagai deodoran alami ini karena sari buahnya mampu memberikan aroma mawar bercampur wangi sawo pada sisa air pengeluaran metabolisme tubuh seperti air seni, keringat maupun nafas.

2. Daun Beluntas.
 Cara menghilangkan bau badan yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan daun beluntas yang bisa Anda makan langsung dalam keadaan mentah atau bisa juga dikukus terlebih dahulu. Daun beluntas yang sudah direbus bisa menjadi pilihan utama sebagai urap. Jika Anda terbiasa dalam mengonsumsi daun beluntas ini, maka hal ini akan membantu dalam cara menghilangkan bau badan. Dan selain itu juga bau mulut yang kurang sedap akan bisa dihilangkan dengan mengonsumsi daun beluntas. Untuk Anda yang kurang suka mengonsumsinya, maka Anda bisa meminum ramuan alami yang direbus di pagi dan sore hari.

3. Daun sirih
Daun sirih adalah salah satu jenis tanaman alami yang sangat bermanfaat dan juga sangat berkhasiat sebagai antiseptik alami yang mengandung kandungan zat aktif yang bisa membantu menghilangkan bau badan. Daun sirih memang sudah terkenal sejak lama bisa membantu mengatasi masalah bau badan yang paling utama ditimbulkan oleh bakteri dan juga jamur. Kandungan dari kimia seperti minyak atsiri di dalam daun sirih misalnya seperti kadinen, kavikol, sineol, eugenol, karvakol, dan juga kandungan zat samak. Cara menghilangkan bau badan dengan sirih adalah dengan merendam beberapa helai dari daun sirih dimasukkan atau direndam ke dalam air panas. Jika ramuan tersebut sudah dingin, maka air ramuan tadi diminum, dan Anda dapat menambahkan juga gula putih secukupnya saja untuk bisa membantu menambahkan rasanya agar lebih enak. 
 

4. Daun Kemangi
Cara menghilangkan bau badan dengan menggunakan daun kemangi adalah karena kadnungan zat aktif yang ada di dalam daun kemangi juga bisa berfungsi digunakan sebagai antiseptik alami. Untuk membantu mendapatkan khasiat dari daun ini juga bisa digunakan sebagai lalapan yang mentah atau juga sayuran urap yang bisa dimakan dalam keadaan mentah. Daun kemangi juga mengandung kandungan zat yang bisa membantu meningkatkan nafsu makan.

5. Kunyit
Konsumsi jamu kunyit asam secara rutin akan membuat badan anda tidak lagi mengeluarkan bau yang kurang sedap.
Bahan : asam 150 g, kunyit 450 g, gula merah 300 g, gula pasir 3 sdm, garam 1 sdm. Cara membuat : gula merah direbus dengan asam selama kurang lebih dengan 10 gelas air hingga mendidih. Kemudian kunyit dibakar, dan setelah itu ditumbuj. Kunyit yang sudah halus itu dicampurkan dengan air rebusan gula dan juga asam. Campuran tersebut kemudian diaduk dan disaring. Cara memakai : air saringan tersebut diminum sebanyak 1 gelas  dalam seharinya.

6. Temulawak. 
Zat-zat pada temulawak juga dapat menghilangkan bau badan. Minum rebusan rimpang temulawak, atau diparut lalu diminum air perasan ditambah madu. 

7. Kapulaga
bahan : 5-7 butir kapulaga
cara membuat : ambil dan cuci kapulaga hingga bersih kemudian rebus dengan satu gelas air. Setelah mendidih diamkan sampai hangat. Airnya bisa diminum hangat-hangat setiap pagi secara teratur. Niscaya bau badan yang mengganggu aktivitas sehari-hari akan menghilang.

8. Bunga Kecombrang
Cara menghilangkan bau badan dengan mengonsumsi bunga kecombrang. Zat aktif yang ada di dalam daun kecombrang ini bisa membantu dalam cara menghilangkan bau badan karena kandungan zaponin, flavonida, dan juga polifenol di dalamnya. Kecombrang bisa dimanfaatkan dengan cara memasak daun muda dan juga bunganya dimakan sebagai salah satu makanan untuk lauk nasi. Dan pada daerah tertentu, biasanya kecombrang banyak digunakan sebagai sayur lodeh.

0 komentar:

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | coupon codes