Selasa, 08 Oktober 2013

KHASIAT JAMBU MAWAR UNTUK PEMBERSIH KANDUNGAN DAN CEGAH NGOMPOL PADA ANAK

Jambu Mawar mungkin anda pernah dengar, namun belum pernah melihatnya secara langsung. Jambu Mawar ini termasuk tanaman yang sudah jarang dijumpai.  Jambu mawar secara ilmiah punya nama latin Syzygium jambos atau sinonimnya Eugenia jambos.  Dari sisi rasa memang buah jambu mawar kalah rasa dibanding dengan jambu air.Bentuk buah jambu mawar ini adalah perpaduan antara jambu biji dan jambu air, sekilas mirip jambu biji, namun jika dibuka mirip dengan jambu air.
Disebut Jambu Mawar karena punya bau yang harum yang kuat mirip dengan bungan mawar.  Jambu mawar sering ditanam sebagai pohon pelindung karena daunnya tidak mudah rontok, terutama di kawasan keraton di Jawa.


Kandungan kimia :
Daun, buah dan kulit batang Syzygium jambos mengandung saponin, di samping itu daun dan buahnya juga mengandung polifenol, buah serta kulit batangnya mengandung flavonoida sedang kulit batangnya mengandung tanin.  Bunga yang diawetkan, dibuat obat tradisional pendingin dan penenang. Kulit kayu dan bijinya juga dimanfaatkan untuk mengobati diare, disentri dan demam.

CEGAH NGOMPOL PADA ANAK
Buah Jambu Mawar digunakan sebagai obat untuk mencegah kebiasaan ngompol pada anak-anak. Untuk mengatasi kebiasaan ngompol digunakan ± 10 buah Eugenia jambos, atau Buah Jambu Mawar dicuci dan dicacah halus lalu diberi sepotong kecil gula jawa dan direbus dengan 1 gelas air sampai air rebusannya tinggal setengah, dinginkan dan disaring. Hasil saringan diminumkan sekaligus.

Pembersih kandungan 
Buah jambu mawar dikonsumsi para ibu-ibu sebagai pembersih kandungan setelah melahirkan tidak normal (sesar).

1 komentar:

eva faiga cantik mengatakan...

Saya ibu eva umur 54 thn. Saya memakan daun mudanya yg masih berwarna ungu lalu lalu esok pagi sy bsngun tidur jari yg biasanya kaku dan kesemutan hilang begitu juga pinggang saya sakit nya sampe ke pantat itu pun hilang. Dan kolestrol sy juga menurun. Syukur alhamdulilah semoga para2 ibu2 dan bapak2 juga dapat merasakan kasiatnya juga. Sy merasakan khasiat nya yg cesplang dan sy jg mau anda berbagi manfaat ini untuk yg membutuhkannya. Terima kasih

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | coupon codes