Sabtu, 04 Februari 2017

KHASIAT DAN MANFAAT DAUN JARAK YODIUM/JARAK CHINA

Pada era tahun 80 sampai 90 orang-orang mengenal obat luka dengan nama obat merah atau disebut juga yodium.  Dan pada saat itu ada obat alami yang biasa disebut dengan daun Yodium yang digunakan untuk mengobati luka baru, karena fungsinya mirip obat yodium atau obat merah maka tanaman ini biasa disebut dengan daun yodium. cukup petik tangkai daunnya dan getahnya dioleskan pada luka-luka yang baru tadi.
Nama ilmiah daun Yodium adalah Jatropha multifida. Sedangkan nama lokalnya cukup bermacam-macam seperti : jarak cina, jarak gurita , jarak tintir, batai dsb, mungkin nama di kampung anda lain. Ciri fisik jarak yodium ini sangat muda dikenali dari bentuk daunnya yang berjari banyak dan tepinya bergerigi. Bentuk bunganya cukup indah dengan warna merah sehingga banyak ditanam orang sebagai tanaman hias di pekarangan rumah.

Khasiat Jarak Yodium antara lain:
1. Obat Luka Gores /Teriris
Kandungan senyawa flavonoida dan tannin yang terdapat di dalam daun jarak Yodium sangat efektif untuk melawan infeksi bakteri Staphylococcus aureus, serta mempercepat pengeringan luka gores.  Cara : ambil tangkai daun jarak yodium tunggu hingga getahnya keluar. Oleskan getah ini pada luka di kulit yang luka. Cara ini sangat efektif untuk mempercepat luka kering.

2. Obat memar, terkilir, dan patah tulang
Zat Anti-inflamasi yang terdapat dalam daun jarak cina berguna untuk mengatasi bengkak, memar, dan sebagainya. Cara membuat ramuan: petik 7 lembar daun jarak cina, kemudian tumbuk hingga lumat. Campur dengan sedikit air, balurkan pada bagian yang memar tadi.

3. Meredakan radang sendi dan pegal linu
Di beberapa tempat, daun jarak yodium sering digunakan untuk mengobati radang sendi. Caranya, ambil 7 daun jarak cina kemudian tumbuk sampai  getahnya keluar. Tambahkan dengan minyak aroma terapi, untuk membuka pori-pori kulit anda sehingga getah tananam dapat meresap lebih dalam. Balurkan campuran ini pada persendian yang bermasalah.

4. Obat sakit gigi
Untuk obat sakit gigi  alami, caranya cukup mudah.  siapkan biji jarak yodium secukupnya, tumbuk biji sampai halus, kemudian seduh dengan segelas air panas. Pakai air seduhan hangat tadi untuk kumur-kumur  selama lebih kurang 5 menit. Lakukan secara rutin di 3 kali sehari pagi, siang, dan malam hari.

0 komentar:

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | coupon codes