Rabu, 01 Februari 2017

Khasiat daun Kacang Panjang alias Lembayung

Daun Lembayung atau juga daun kacang panjang banyak dimanfaatkan oleh ibu-ibu untuk sayur baik dijadikan sayur bobor, urap, sayur bening, sayur asam, pecel dll.  Daun kacang panjang yang dapat digunakan untuk dikonsumsi tentu saja daun yang masih muda.

Kandungan gizi pada Lembayung memang terbilang sangat banyak dan bermacam senyawa didalamnya. Diantara yang bisa kami terangkan dan berikan adalah : Protein, Kalori. Lemak, Kalsium, Karbohidrat, Lemak, Vitamin A, Fosfor, Zat besi dan Vitamin B. Beberapa kandungan yang sudah disebutkan salah satunya ialah memang sangat dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan Gizi atau nutrisi harian kita. Dan oleh sebab itu, hanya dengan mengkonsumsi satu jenis sayur ini saja, maka tubuh kita akan selalu sehat dan terjaga dari serangan radikal bebas.

Kandungan Gizi Dan Manfaat Sayur Lembayung Bagi Kesehatan :
Memperlancar Produksi ASI pada ibu yang menyusui.
    Mencegah penyakit anemia dan mmeperlancar peredaran darah.
    Memperkuat tulang, sendi dan juga gigi.
    Penambah tenaga dan mencegah lemah, letih dan kelesuan.
    Meningkatkan pola pikir dan kinerja dari otak.
    Meningkatkan kejernihan pandangan mata.
    dll.

Dari yang anda lihat dari beberapa manfaat diatas, Lembayung tak hanya untuk kesehatan saja, melainkan juga ikut berperan penting dalam menjaga kecantikan tubuh anda. Terutama khususnya bagi para ibu yang sudah melahirkan. Sangat cocok juga dikonsumsi oleh semua usia, entah itu anak kecil sampai juga pada lanjut usia..

1.Mengobati Pembengkakan Payu dara
Pada ibu yang baru saja melahirkan biasanya akan terjadi pembengkakan payu dara, ini terjadi karena produksi susu yang terjadi di dalam payudara wanita. Pembengkakan juga dapat terjadi karena bayi yang terlalu kuat menghisap payudara. Apabila mengalami pembengkakan ini, anda bisa membuat obatnya dengan daun lembayung ini. Cara pengolahannya menjadi obat pembengkakan ini juga cukup mudah, anda tinggal menyiapkan beberapa lembar daun lembayung, kemudian anda cuci bersih dan remas remas daun tersebut, lalu usapkan pada bagian payu dara anda. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal lakukanlah setiap hari sampai pembengkakan tersebut sembuh.
2.Melancarkan Buang air Kecil
Apabila anda mempunyai masalah kurang lancarnya saat membuang air kecil anda bisa mengatasinya dengan mengkonsumsi daun lembayung ini. Urin yang ada di dalam tubuh apabila tidak di keluarkan dapat berbahaya bagi tubuh anda. Karena di dalam urin terdapat racun dan toksin yang dapat menimbulkan penyakit berbahaya apabila tidak segera di keluarkan. Apabila anda sering menahan buang air kecil juga dapat menyebabkan sakit pada kambung kemih dan pencernaan.
Cara mengolah daun lembayung menjadi obat pelancar kencing sangatlah mudah, pertama anda siapkan daun lembayung secukupnya kemudian cuci bersih, setelah di cuci rebuslah daun lembayung tersebut dengan air sampai mendidih kurang lebih selama 30 menit. Setelah itu tunggu sampai dingin, kemudian saring ambil airnya saja. Minumlah air daun lembayung tersebut setiap pagi dan sore. Apabila dirasa kurang enak anda bisa menambahkannya dengan gula merah.
3.Mencegah Kerontokan Rambut
Masalah kerontokan rambut mungkin bisa di alami oleh siapa saja baik pria maupun wanita. Dan apabila kerontokan ini di biarkan bisa saja membuat anda botak, dan tentunya rasa kurang percaya diri akan menghantui anda. Namun anda tidak perlu terlalu khawatir, ternyata daun lembayung ini juga bisa di jadikan obat untuk mencegah kerontokan pada rambut. Cara mengolah daun lembayung ini pun cukup mudah yaitu anda cukup menyiapkan daun lembayung dan di tambah dengan minyak kasutri.
Pertama anda remas remas daun lembayung, atau di tumbuk juga tidak masalah. Kemudian campur antara daun lembayung yang sudah lembut tersebut dengan minyak kasutri. Oleskan pada kulit kepala anda di sertai dengan pijatan yang lembut. Setelah anda mengoleskannya sudah rata, ambil handuk untuk membungkus rambut anda dan biarkan kurang lebih 30 menit agar sari daun lembayung tersebut meresap ke kulit kepala anda. Setelah itu anda bisa langsung membersihkannya dengan keramas dan lakukanlah secara rutin.
4.Memperlancar Produksi Asi
Asi merupakan asupan nutrisi yang sangat penting bagi perkembangan bayi. Mengkonsumsi makanan lain selain asi bagi bayi yang berumur kurang dari 6 bulan dapat menyebabkan pencernaan bayi terganggu. Bagi anda yang sedang mempunyai bayi yang berumur kurang dari 6 bulan tentu sangat menginginkan produksi asi anda meningkat. Cara mudah meningkatkan asi anda yang cukup efektif adalah dengan mengkonsumsi daun lembayung ini. Anda bisa menjadikan daun lembayung ini sebagai lalapan, sayur atau olahan masakan yang lainnya. Kelebihan daun lembayung ini adalah memiliki aroma yang tajam sehingga tidak membuat ibu menyusui menjadi mual dan muntah.
5.Memperlancar Peredaran Darah
Daun lembayung juga mempunyai manfaat yang hampir sama dengan kacang panjang yaitu dapat memperlancar aliran darah pada tubuh. Sudah di ketahui bahwa darah merupakan cairan yang sangat penting bagi tubuh karena merupakan pendistribusi oksigen dan sari sari makanan ke seluruh tubuh. Dengan lancarnya peredaran darah anda maka kinerja dari organ tubuh yang lainnya pun akan maksimal, sehingga anda akan terhindar dari penyakit jantung dan strok.


0 komentar:

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | coupon codes