Rabu, 11 Juni 2014

Khasiat dan Manfaat Obat Tanaman Nusa Indah Untuk Kanker Payoe dara, Bronkitis,

Nusa Indah merupakan salah satu tanaman hias yang banyak ditanam oleh masyarakat. Bunga Nusa Indah Mudah Dikenali karena secara kasat mata mempunyai keunikan tersendiri.  Nama ilmiah dari Bunga nusa indah,adalah Mussaenda pubescens.  Saat ini dikenal ada dua jenis bunga nusa indah yaitu yang warna merah atau pink dan putih.  Sebenarnya yang berwarna merah atau Putih adalah daunnya bukan bunga asli.  Bunganya sendiri kecil berwarna kuning cerah. 

 Bunga Nusa indah putih mempunyai manfaat obat yang lebih kaya.  Dan berdasarkan pendapat pakar tanaman obat Hembing Wijayakusuma, tanaman bunga nusa indah putih bisa di manfaatkan sebagai obat, baik obat luar ataupun dalam.   Bagian yang sering di manfaatkan adalah akar dan batangnya, batangnya yang berasa agak manis dan sedikit pahit dapat bermanfaat sebagai penurun panas, menetralisasi racun, anti radang ( anti inflamasi ) dan melancarkan peredaran darah.
Sementara akarnya dapat di gunakan untuk mengobati cacingan pada anak, mata merah dan yang cukup menarik sebagai pencegah kanker payudara.

 
Tanaman Nusa indah adalah tanaman perdu yang berasal dari familia Rubiaceae atau kopi-kopian. Biasa tumbuh liar di lereng bukit, semak-belukar, atau  dipelihara sebagai tanaman hias.
 

KHASIAT DAN MANFAAT OBAT TANAMAN NUSA INDAH
Bagian tanaman yang biasa dimanfaatkan sebagai obat adalah ranting, daun, dan akarnya.
Bagian Batang, daun bisa digunakan untuk menyembuhkan demam, batuk, influenza, radang saluran nafas ( bronchitis) , radang amandel, radang tenggorokan, radang usus, diare, disentri, keracunan makanan, bisul, koreng, luka, air kemih keluar sedikit, radang ginjal, pendarahan kandungan pada wanita. Bagian akar dimanfaatkan untuk pengobatan kanker payudara, cacingan pada anak, mata merah, sakit pinggang, masuk angin

a.) Mencegah Kanker Payoe dara
Caranya : Rebus 60 g batang nusa indah putih dan 30 herba tapak dara dengan 600 cc air hingga tersisa setengahnya. Setelah dingin saring dan minum 1 kali sehari.

b.) Mengobati Head Stroke ( Demam akibat udara panas) , Caranya :
~ Seduh 12gr batang bunga nusa indah putih kering, 5gr terong ungu dan 5gr daun mint dengan 1 gelas air panas. ~ Selagi hangat minum seduhan tersebut.

c.) Mengobati Bronkhitis , Caranya :
~ Rebus 15gr akar dan batang nusa indah putih segar, 75gr lidah buaya, 10gr kulit jeruk mandarin/ keprok dan 10gr kencur dengan 500 cc air hingga tersisa setengahnya.
~ Setelah dingin saring dan minum sekaligus.

d.) Mengatasi Kencing Tidak Lancar , Caranya :
~ Rebus 30 gr batang nusa indah putih, 30gr meniran dan 30gr daun sendok ( plantago mayor) dengan 3 gelas air hingga tersisa sekitar 1 gelas.
~ Setelah dingin saring dan minum 2 kali sehari masing - masing 1/ 2 gelas.

e.) Mengobati Keracunan Makanan , Caranya :
~ Tumbuk 30gr daun nusa indah putih, kemudian peras dan saring lalu minum air perasannya.

f.) Mengobati Diare , Caranya :
~ Rebus 45gr batang nusa indah putih dengan 600 cc air hingga tersisa sekitar 1/ 3 nya,
~ Setelah dingin saring dan minum 2 kali sehari masing masing 100 cc.

0 komentar:

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | coupon codes